Key Performance Indikator
Menjadi Perguruan Tinggi yang berkualitas bukan hanya menjadi mimpi dan dimimpikan, tetapi cita-cita luhur ini harus diupayakan dengan langkah-langkah sistematik dalam mempersiapkan seluruh elemen perguruan tinggi untuk memberikan kontribusi terbaik. Program kerja tahunan yang disusun berdasarkan Rentra PT, harus menjadi kesepakatan semua unsur PT. Program kerja dapat menjadi sebuah kerangka yang memberikan arah agar menjadi PT yang berkualitas.
Key Performance Indikator merupakan sebagai bagian dari program kerja yang merupakan alat ukur untuk melihat seberapa jauh tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai. Dengan KPI yang diturunkan dari Visi-Misi dan Renstra serta tersusun dengan baik akan memudah bagian penjaminan mutu dalam melakukan Monevin. Pengukuran dapat dilakukan dalam semua tingkatan dalam perguruan tinggi, muali dari Rektor, Dekan, Jurusan, Bagian Administrasi dan dosen.
Pembuatan KPI dapat mengacu dari perspectives in academic scorecard, yang menurut “Niel F.O. Harold” terdiri dari empat perspektif, yaitu:
- Academic Management Perspective How do we look to our University Leadership? Budget performance, school operations, management/leadership
- Stakeholder Perspective How do stakeholder see us ? Academic program, student-centeredness, quality faculty, value for money, alumni/employee satisfaction
- Internal Business Pespective What must We excel at ? Faculty productivity, staff productivity, recruitment/advisement, maintain responsibility to community
- Innovation and Learning Perpective Can we continue to improve academic, management, stakeholder, and internal business perspective ? quality of degree program, student learning, quality of student, keep talented faculty, education innovation, faculty /staff development
Berikut adalah contoh KPI dari Jurusan, Bagian Administrasi dan Lembaga Penelitian per tahun akademik.
PERSPEKTIF
|
GOALS
|
INDEKS KINERJA
|
TARGET
|
Jurusan A
|
Bagian Admin
|
Lembaga Penelitian
|
Academic Management |
Manajemen Jurusan |
Program Kerja Tahunan |
100%
|
100%
|
100%
|
Pertemuan (Rapat Per Bulan) |
4 Kali
|
4 Kali
|
4 Kali
|
Pertemuan Dengan Mahasiswa per smt |
1 Kali
|
|
|
Pertemuan Dengan Mahasiswa Tingkat Akhir |
2 Kali
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Stakeholder |
Kepuasan Stakeholder
|
Pendaftaran Mahasiswa Baru |
2000
|
|
|
Mahasiswa Intake |
200
|
|
|
Kerjasama Dengan Institusi Lain
|
1
|
|
2
|
Kepuasan Mahasiswa, Alumni dan Dosen |
Kepuasan Mahasiswa |
3,50
|
3,50
|
|
Kepuasan Alumni |
|
|
|
Kepuasan Dosen |
|
3,50
|
3,50
|
|
|
|
|
|
|
Internal Bisnis Proses |
Proses yang bermutu dan baik |
Akreditasi Prodi |
B
|
|
|
Penggunaan Utilitas Ruang |
|
80-%
|
|
ESBED |
100%
|
100%
|
100%
|
Laporan Penelitian |
100%
|
|
100%
|
Pembelajaran Bermutu, Layanan Bermutu |
Jumlah Drop Out |
5%
|
|
|
Rata-rata lama masa studi mahasiswa S1 |
4 Tahun
|
|
|
Rata-rata lama masa studi mahasiswa D3 |
3 Tahun
|
|
|
Rata-rata jumlah tatap muka dosen mengajar |
14 Kali
|
14 Kali
|
|
Kurikulum |
Up to date
|
|
|
Rata-rata lama penyusunan skripsi |
4 Bulan
|
|
|
Evaluasi monitoring |
|
100%
|
|
Rata-rata seminar |
2 kali
|
|
5 Kali
|
Rata-rata publikasi ilmiah |
2
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
Innovation and Learning |
Pengembangan Inovasi |
Jumlah penelitian dosen |
4
|
|
40
|
Rata-rata publikasi ilmiah |
2
|
|
20
|
Academic Score CardKEY PERFORMANCE INDICATORKPI
PENYUSUNAN KEY PERFORMANCE INDICATOR (KPI)
20 Mei 2013
Manajemen Perguruan Tinggi
No Comments
rzabdulaziz
Key Performance Indikator
Menjadi Perguruan Tinggi yang berkualitas bukan hanya menjadi mimpi dan dimimpikan, tetapi cita-cita luhur ini harus diupayakan dengan langkah-langkah sistematik dalam mempersiapkan seluruh elemen perguruan tinggi untuk memberikan kontribusi terbaik. Program kerja tahunan yang disusun berdasarkan Rentra PT, harus menjadi kesepakatan semua unsur PT. Program kerja dapat menjadi sebuah kerangka yang memberikan arah agar menjadi PT yang berkualitas.
Key Performance Indikator merupakan sebagai bagian dari program kerja yang merupakan alat ukur untuk melihat seberapa jauh tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai. Dengan KPI yang diturunkan dari Visi-Misi dan Renstra serta tersusun dengan baik akan memudah bagian penjaminan mutu dalam melakukan Monevin. Pengukuran dapat dilakukan dalam semua tingkatan dalam perguruan tinggi, muali dari Rektor, Dekan, Jurusan, Bagian Administrasi dan dosen.
Pembuatan KPI dapat mengacu dari perspectives in academic scorecard, yang menurut “Niel F.O. Harold” terdiri dari empat perspektif, yaitu:
Berikut adalah contoh KPI dari Jurusan, Bagian Administrasi dan Lembaga Penelitian per tahun akademik.
PERSPEKTIF
GOALS
INDEKS KINERJA
TARGET
Jurusan A
Bagian Admin
Lembaga Penelitian
100%
100%
100%
4 Kali
4 Kali
4 Kali
1 Kali
2 Kali
2000
200
1
2
3,50
3,50
3,50
3,50
B
80-%
100%
100%
100%
100%
100%
5%
4 Tahun
3 Tahun
14 Kali
14 Kali
Up to date
4 Bulan
100%
2 kali
5 Kali
2
20
4
40
2
20
Academic Score CardKEY PERFORMANCE INDICATORKPI