ETC, TOL DI JEPANG


Jalan tol di jepang menggunakan sistem ETC, dimana sistem ini sangat membantu dalam menguraikan kemacetan di gerbang tol.

Menurut sebuah studi kemacetan lalu lintas di jalan tol, kemacetan terberat terjadi di dekat gerbang tol, di mana mobil harus berhenti sebentar untuk membayar tol. Dengan demikian, penyebab utama dari kemacetan lalu lintas di jalan tol dapat dihilangkan dengan menciptakan sistem yang memungkinkan mobil untuk melaju melalui gerbang tol tanpa berhenti. Sistem ETC telah memberikan kontribusi terhadap penurunan yang signifikan dalam jumlah dan lokasi dari kemacetan di jalan tol.

Perinsip kerja ECT sangat cerdas yaitu melalui komunikasi nirkabel antara perangkat dalam-kendaraan dan gerbang tol yang dipasang antena ETC, mobil berjalan melalui gerbang tol tanpa berhenti (dengan kecepatan di bawah kira-kira 20 km / jam). Kemudian tarif  tol dibayar dengan menggunakan kartu kredit sesuai dengan jarak tempuh.

(sumber : http://www.go-etc.jp)

Tanggal 20 mei 2013 saya mencoba pertama kali menggunakan sistem ini, dan ternyata memberikan kenyaman kepada pengendara mobil, dimana kita tidak merasakan kemacetan di gerbang tol dan juga berdampak dengan konsumsi  bahan bakar. Yang terutama dari sistem ini selain mengurangi kemacetan adalah juga menjamin bebas korupsi dan kecurangan.